Jam Kerja Klikdesainweb



SKIP TO CONTENT
Tanggal: June 23, 2022

Area Layanan:
Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Jawa Tengah, Surabaya, Medan, Riau, Kalimantan, Bandar Lampung, Bogor, Bekasi, Tangerang, Banten, Sulawesi dan seluruh Kota dan Daerah di Indonesia.

SEO (Search Engine Optimization)

Pengertian SEO - Apa itu SEO? SEO merupakan kependekan dari Search Engine Optimization yang berarti optimasi mesin pencari. Bila anda ingin mempromosikan produk atau jasa dan ingin tampil di mesin pencari Google maka anda membutuhkan website. Selanjutnya, website anda tersebut dioptimasi agar muncul di halaman hasil pencarian Google. Dengan menggunakan teknik SEO, idealnya, website anda akan tampil di halaman 1 Google.

Tujuan SEO adalah Halaman 1 Google

SEO menjadi metode terbaik untuk promosi layanan jasa atau produk yang akan dijual. Untuk itu, sebuah website harus tampil di halaman 1 Google. Mengapa? Umumnya, user atau calon pembeli akan melihat hasil pencarian yang diketikan di halaman pertama Google. Itulah tujuan SEO, yaitu website harus tampil di halaman 1 Google.

Apa Itu Google Ranking?

Dalam 1 halaman Google terdapat 10 baris link website yang biasa disebut dengan Google ranking atau peringkat di Google. Itu berarti, ada 10 ranking tiap halaman hasil pencarian Google. Semakin tinggi ranking semakin berpeluang website akan diklik oleh user. Dengan demikian, semakin tinggi pula peluang mendapatkan penelpon atau calon client yang akan menghubungi kita.

Bila kita hitung dari 1 jenis kata kunci, semisal "alat geolistrik" maka akan ditemukan ratusan bahkan ribuan website yang bersaing. Persaingan mendapatkan ranking tertinggi di halaman Google menjadi semakin ketat. Seorang pakar SEO harus bekerja semaksimal mungkin untuk menghantarkan website yang diamanahkan padanya untuk meraih peringkat tertinggi yaitu ranking 1 halaman 1 Google.

Bagaimana Cara Kerja SEO

Google sudah memberikan panduan SEO bagi pemula yang ingin mengelola website bisnisnya. Anda bisa mendapatkannya di halaman Google: https://developers.google.com/search/docs/beginner/seo-starter-guide atau klik disini. Anda dapat mempelajari panduan SEO tersebut secara bertahap, atau menyewa seorang yang ahli di bidang jasa SEO, konsultan SEO atau pakar SEO yang terpercaya.

Tahapan SEO bagi Pemula

Dalam dunia SEO, ada beberapa istilah yang harus anda pahami, yaitu Index. Hal terpenting adalah bagaimana caranya agar website anda diindex oleh Google. Index adalah daftar halaman-halaman website yang sudah disimpan untuk kemudian ditampilkan Google di halaman hasil pencarian.

Coba ketikkan site: di browser Google Chrome dan dilanjutkan dengan nama domain website anda. Misalnya: site:griyabaja.com. Jika halaman-halaman page atau posting anda muncul berarti website anda sudah diindex (baca: terdaftar) di Google.

Agar website anda terdaftar di Google, pertama-tama siapkan email gmail. Lalu, ketikkan di browser https://www.google.com/webmaster/tools atau klik disini. Ikuti petunjuknya dengan seksama. Umumnya, Google akan mulai mengindeks antara 3 hari s/d 1 minggu. Ada juga yang lebih cepat. Hal itu bergantung pada bagaimana anda mengelola website anda. Anda bisa membaca panduan yang diberikan oleh Google diatas.


This website uses cookies to ensure you get the best experience on our website. cookies
Saya mau Tanya dulu